Perhatian : Bagi yang ingin melihat peta dapat di klik pada menu di atas "PETA-PETA" Terima Kasih :)

Monday 27 May 2013

Kegiatan pada saat Survei




Kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh kami adalah pada saat survei, karena pada hari itu kami dapat melihat langsung ke lapangan kondisi yang sebenarnya terjadi di Kabupaten Wonogiri, khususnya kecamatan Karangtengah, Kecamatan Tirtomoyo dan Kecamatam Batuwarno, karena sebelumnya kami mengetahui ketiga kecamatan tersebut hanya berdasarkan data sekunder saja (internet, buku, bps, dll). Kegiatan kami di kecamatan karangtengah, tirtomoyo dan batuwarno sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, kami berangkat pada hari Jum’at tanggal 18 mei 2013 pukul 06.00 wib. Dan tiba basecamp pada pukul 10.00 wib pada hari yang sama, basecamp kmai terletak di kelurahan Tirtomoyo, Kecamatan Tirtomoyo. Setelah beristirahat, kami kembali menyusun kegiatan untuk keesokan harinya.

Kegiatan pertama kami dimulai pada hari minggu atau sehari setelah kami sampai. Kami dibagi menjadi 3 kelompok kecil sesuai dengan jumlah kecamatannya. Kelompok pertama berjumlah 6 orang yaitu Hendy, Kokom, Icho, Tia, Vinda dan Mila, kelompok pertama tersebut mendapatkan wilayah studi di Kecamatan Tirtomoyo yang berjumlah 14 desa/kelurahan. Kemudian kelompok kedua mendapatkan kecamatan Batuwarno, karena jumlah desa/kelurahannya hanya 8, sehingga anggotanya cukup 3 orang saja yaitu mas Miqdam, Indra dan Ananda Kustanti. Untuk kelompok yang terakhir yaitu Kecamatan Karangtengah, Kecamatan tersebut memiliki 5 desa/kelurahan sehingga hanya cukup 2 orang saja, yaitu Felic dan Tiwi. Pada pukul 06.30 kami sudah berangkat ke wilayah masing-masing.

Hari pertama kami fokus untuk perekaman gambar, namun hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan, misalnya saja, kami dari tim Tirtomoyo mengalami kesulitan menuju titik perekaman gambar yang lokasinya berada di desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo. Akses jalan yang sulit terdiri dari tanah dan bebatuan membuat kami sulit untuk melaluinya, pada akhirnya kami memutuskan berhenti melanjutkan perjalanan dan mencari lokasi lain. Hal tersebut ternyata tidak hanya dirasakan oleh tim dari Tirtomoyo saja namun juga dialami oleh tim dari Kecamatan Karangtengah. Setelah perekaman gambar tidak berhasil, kami langsung beralih ke kuisioner dan wawancara di desa Sidorejo, dan kami lenjutkan ke desa-desa lainnya di Kecamatan Tirtomoyo. Setelah waktu menunjukkan pada sore hari kami memutuskan untuk berhenti dan kembali ke Basecamp.

Pada hari kedua kami fokus pada kuisioner dan wawancara, untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam basis data. Kembali sama pada hari sebelumnya kami berangkat pada pukul 06.30 pagi hari dan kembali apabila waktu sudah menunjukkan sore. Di beberapa desa baik di kecamatan Tirtomoyo, Karangtengah dan Batuwarno mengalami kesulitan dalam wawancara, hal tersebut karena kepala desa/kelurahan tidak berada di kantor desa, sehingga kami tidak bisa mendapatkan data tersebut secara cepat, sehingga kami harus kedesa tersebut dihari selanjutnya agar bisa menemui kepala desa untuk mendapatkan data yang kami butuhkan. Hal tersebut juga kami lakukan pada hari ketiga dan hari-hari selnjutnya.


Pada hari kamis 23 mei 2013, kami kedatangan tamu spesial, yaitu tim dosen yang terdiri dari Pak Jawoto, Bu Mada dan Bu Ita. Kedatangan beliau ke basecamp kami untuk mengecek hasil survei kami, apabila ada data yang kurang. Mereka banyak memberikan masukan pada kebutuhan data kami, dan memberikan penjelasan-penjelasan singkat apa yang harus kami lakukan selanjutnya, kadatangan tim dosen sangat membantu kami dalam melengkapi data-data yang kami butuhkan. Setelah tim dosen pulang kami langsung menuju ke lapangan sesuai dengan wilayah studi masing-masing tujuannya untuk melengkapi data yang kurang sesuai dengan masukan dari tim dosen, setelah semua selesai, kami kembali ke basecamp. Pada hari selanjutnya kami melakukan sesi perekaman gambar dimana di hari sebelumnya sempat tertunda, akhirnya semua data yang kami butuhkan telah selesai, sehingga pada hari Sabtu, 25 mei 2013 kami memutuskan untuk kembali pulang ke Semarang, dan semua berakhir dengan bahagia J

1 comments: