Perhatian : Bagi yang ingin melihat peta dapat di klik pada menu di atas "PETA-PETA" Terima Kasih :)

Monday 27 May 2013

Potensi Wilayah Kecamatan Batuwarno



Pamsimas
Daerah yang mempunyai kontur curam di Kecamatan Batuwarno tidak terjangkau oleh jaringan PDAM. pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah tersebut didapat dari adanya bantuan dari PNPM untuk pembuatan Pamsimas. Sumber air Pamsimas berasal dari sendang atau sumber air yang ada di lereng-lereng bukit. Biaya penggunaan air berbeda sesuai dengan kebijakan desa setempat, yang berkisar antara seribu hingga tiga ribu rupiah. Dana tersebut dikelola oleh tim pelestari yang ada di setiap desa dan dialokasikan untuk perawatan pipa.

·         Mata Air
(Priyo, 30 tahun, penjual air keliling)
Hampir seluruh desa maupun kelurahan yang berada di kecamatan Batuwarno memiliki sumber mata air yang layak untuk dikonsumsi. Namun yang paling dominan adalah sumber air yang berada di desa Ronggojati. Pada desa tersebut terdapat 9 sumber mata air atau biasa disebut dengan sendang songo. Pengelolaan mata air sepenuhnya dikelola oleh RT setempat. Bagi masyarakat sekitar yang ingin menggunakan air untuk keperluan sehari-hari, disalurkan melalui paralon dan tidak dipungut biaya. Namun bagi kepentingan komersial seperti penjualan air keliling, dipungut biaya sepuluh ribu rupiah untuk setiap muatan satu mobil pick up. Biaya tersebut dimasukkan ke dalam kas RT dan digunakan untuk perbaikan infrastruktur di lingkungan RT tersebut baik paralon maupun jalan sekitar. Distribusi air tersebut mencangkup Kecamatan Batuwarno, Tirtomoyo, dan Baturetno. Setiap jerigen berisi air sebanyak 30 liter dijual dengan harga sekitar tiga ribu rupiah.

·         Meubel
(Sumarso, 51 tahun, pengusaha meubel)
Salah satu potensi yang terdapat di Kecamatan Batuwarno yaitu industri meubel. Salah satu contoh industri meubel yang ada di Kecamatan Batuwarno adalah industri meubel milik Bapak Sumarso, yang merupakan salaha satu industri meubel terlama di Kecamatan Batuwarno, yaitu sudah 20 tahun beroperasi. Industri meubel tersebut terdapat di Desa Batuwarno. Berdasarkan hasil wawancara dengan beliau, didapat informasi bahwa hasil produksi meubel sudah diekspor ke luar wilayah Batuwarno dan wilayah Wonogiri, yaitu ke Semarang, Solo, dan Boyolali. Bahan baku yang digunakan berupa kayu jati, akasia, dan mahoni didatangkan dari Kecamatan Batuwarno, Karangtengah, dan Tirtomoyo. Omset industri meubel tersebut mencapai tujuh juta rupiah setiap bulannya dan telah memiliki pekerja sebanyak 17 orang. Modal yang digununakan berasal dari pinjaman bank tanpa ada bantuan modal dari pemerintah.

·         Tempe
(Tini, 34 tahun, produsen tempe)
Terdapat potensi home industry berupa indutri pembuatan tempe yang ada di Kecamatan Batuwarno. Produksi tempe dilakukan setiap hari secara manual dengan bahan baku berupa kacang kedelai yang berasal dari Kecamatan Batuwarno sendiri dan Kecamatan Baturetno. Hasil produksi yang didapat perharinya rata-rata sekitar 3-4 kilogram.  Pendapatan yang didapat perharinya sekitar empat puluh ribu rupiah. Cakupan penjualan hasil produksi tempe tersebut hanya di wilayah Batuwarno saja.

·         Telaga Rawa
Telaga Rawa merupakan sebuah polder yang berada di wilayah Desa Sumberejo. Obyek tersebut mempunyai letak yang strategis, yaitu di pinggir jalan yang menghubungkan Kecamatan  Batuwarno dan  Kecamatan Baturetno. Telaga Rawa dikelola oleh pemerintah desa setempat. Tidak dipungut biaya untuk setiap pengunjung yang ingin melihat-lihat Telaga Rawa, biaya hanya dikenakan bagi pengunjung yang ingin menikmati wahana perahu di Telaga tersebut.

Fungsi-fungsi Perkotaan

·         Pasar Batuwarno
Pasar Batuwarno berada di pusat Kecamatan Batuwarno, tepatnya di wilayah administrasi Desa Tegiri. Pasar Batuwarno hanya dibuika pada hari-hari tertentu, yaitu pada hari pasaran pon dan legi, serta hanya dari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB. Barang-barang yang diperjual-belikan adalah hasil pertanian yang berupa sayur-sayuran, palawija, jagung, dan cengkeh yang didatangkan dari Batuwarno, Tirtomoyo, Karangtengah dan Tawangmangu. Konsumen rata-rata datang dari Kecamatan Batuwarno dan Karangtengah.

·         Trayek Transportasi
Trayek angkutan umum yang ada di Kecamatan Batuwarno berupa kendaraan pribadi yang dialihfungsikan sebagai angkutan umum dengan rute Karangtengah-Baturetno. Sedangkan mobil pick-up tertutup melayani rute Batuwarno-Tirtomoyo, namun rute ini memiliki frekuensi yang tidak stabil, artinya tidak memiliki jadwal keberangkatan yang tepat.

·         Pelayanan PDAM Batuwarno
PDAM cabang Batuwarno menggunakan sumber resapan air di sekitar aliran sungai yang diendapkan dan diolah. Sumber resapan air tersebut dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan air di wilayah Batuwarno, dengan biaya tiga puluh lima ribu rupiah untuk setiap 10.000 meter kubik.


·         Perdagangan dan Jasa
Pada wilayah Desa Tegiri dan Batuwarno memiliki ciri kekotaan yang berupa pelayanan perdagangan dan jasa. Terdapat beberapa koperasi, perbankan, bengkel, pencucian motor, foto copy dan pertokoan kelontong maupun material.

·         Pelayanan
Terdapat beberapa pusat pelayanan yang menjadi ciri kekotaan yang tedeapat di desa Tegiri dan Batuwarno. Sehingga menjadi magnet bagi desa- desa di sekitanya. Beberapa pelayanan yang mencirikan kekotaan antara lain adalah adanya kantor pos, sekolah, puskesmas, koramil Batuwarno, polsek Batuwarno, lembaga bimbingan keterampilan, KUA, UPT Dinas Pendidikan, serta Kantor PDAM. 

Potensi Temuan Hasil Observasi

·         Waduk Ngancar
Menurut kepala Desa Selopuro, Waduk Ngancar merupakan bendungan yang dibuat oleh pihak DPU. Walaupun waduk ini terletak di Desa Selopuro, akan tetapi pemanfaatan irigasi dari waduk ini justru didapat oleh  desa-desa yang berada di Kecamatan Baturetno.hal tersebut terjadi karena letak Kecamatan Baturetno berada di bawah Kecamatan Batuwarno, sehingga pemanfaatan irigasi dari waduk mengalir ke Kecamatan Baturetno. Waduk Ngancar memiliki potensi wisata yang belum dimanfaatkan dengan baik. Air yang terdapat di Waduk Ngancar jernih dan bersih, selain itu waduk ini juga memiliki panorama alam yang indah, yaitu dikelilingi oleh perbukitan hijau serta. Disamping itu letak waduk ini yang berada di jalan utama penghubung antara Kecamatan Btuwarno- Baturetno memberikan nilai plus ternsendiri bagi tempat ini.

0 comments:

Post a Comment