Perhatian : Bagi yang ingin melihat peta dapat di klik pada menu di atas "PETA-PETA" Terima Kasih :)

Monday 27 May 2013

Kecamatan karangtengah


Karakeristik Perkotaan
Kecamatan Karangtengah memiliki tiga pasar utama yang masing-masing berlokasi di Desa Temboro, Desa Jeblogan dan Desa Purwoharjo. Mayoritas pedagang yang berjualan di ketiga pasar tersebut berasal dari luar Kecamatan Karangtengah seperti pada pasar Desa  Jeblogan, pedagang berasal dari Kecamatan Baturetno, Kecamatan Giriwoyo dan bahkan dari Kabupaten Pacitan. Pasar Jeblogan dan pasar Purwoharjo memiliki kesamaan dalam tingkat pelayanan, sedangkan Pasar Temboro memiliki pelayanan yang paling luas diantara tiga pasar yang ada. Hal tersebut merupakan salah satu ciri dari karakteristik perkotaan yang ada di Desa Temboro. Pasar yang ada di Kecamatan Karangtengah merupakan salah satu program dari PNPM-PMD dan hanya buka mengikuti pasaran adat Jawa yaitu setiap tanggal Pon dan Legi, sekitar 2 hari dalam seminggu.
Lokasi Desa Temboro yang berdekatan dengan Kecamatan Baturetno menyebabkan Desa Temboro memiliki fungsi pelayanan yang cukup lengkap dalam tingkat kecamatan. Tingkat pendapatan yang tinggi juga berpengaruh pada kehidupan masyarakat di Desa Temboro sebagai pusat kota di Kecamatan Karangtengah. Tingkat pendapatan yang tinggi tersebut didapat dari hasil perkebunan cengkeh dan janggelan yang memiliki nilai ekonomi tinggi bahkan untuk komoditi janggelan sudah diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Korea, dan Singapura. Selain itu, penduduk Desa Temboro juga banyak yang bermigrasi dan bekerja di luar Pulau Jawa seperti bekerja pada perkebunan atau pertambangan di Pangkal Pinang maupun sebagai TKI di Malaysia. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan kondisi permukiman yang mayoritas sudah permanen dan juga infrastruktur pendukung kehidupan penduduk Desa Temboro dengan kondisi layak.

Angkutan Umum
Moda transportasi yang digunakan oleh penduduk Kecamatan Karangtengah mayoritas berupa angkutan pribadi yaitu sepeda motor. Namun di setiap desa terdapat angkutan umum yang dikelola oleh penduduk dengan menggunakan kendaraan pribadi. Trayek yang dilalui disesuaikan kebutuhan pada masing-masing desa, namun untuk tingkat kecamatan, angkutan umum tersebut melayani penduduk yang akan beraktivitas ke Kecamatan Baturetno atau wilayah lainnya di luar Kecamatan Karangtengah.

Sumber Air Bersih

Sebagian besar penduduk Kecamatan Karangtengah mendapatkan air bersih dari sumber mata air pegunungan yang kemudian dialirkan menggunakan pipa-pipa ke setiap rumah penduduk. Namun pada Desa Jeblogan, selain mata air, kebutuhan air bersih juga didukung dengan PAMSIMAS yang dikelola mulai tahun 2012. Sumber air bersih yang digunakan PAMSIMAS berada pada dusun Trenggolo. Berada pada lokasi pegunungan dengan sumber mata air yang berlimpah, menjadikan pemenuhan kebutuhan air penduduk Kecamatan Karangtengah sudah tercukupi. Namun jika tiba musim kemarau, air bersih pada Desa Purwoharjo sulit untuk dicari sehingga penduduk harus mencari alternatif pemenuhan kebutuhan air bersih untuk aktivitas sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment