Perhatian : Bagi yang ingin melihat peta dapat di klik pada menu di atas "PETA-PETA" Terima Kasih :)

Monday 27 May 2013

Angkutan Perkotaan di Terminal Kelurahan Tirtomoyo, Kecamatan Tirtomoyo





Kelurahan Tirtomoyo, Kecamatan Tirtomoyo merupakan pusat perkotaan untuk daerah-daerah pedesaan yang ada di sekitarnya, sehingga berfungsi untuk melayani daerah disekitarnya. Awal mulanya berdiri suatu pasar yang lokasinya di kelurahan Tirtomoyo, Kecamatan Tirtomoyo, namun untuk mendukung aksesibilitas pasar tersebut membutuhkan suatu transportasi untuk mempermudah mengangkut barang dari desa-desa ke pasar, dan juga mengangkut penumpang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sehingga untuk mempermudah transportasi dan tempat tersebut didirikan terminal.
Di Terminal tersebut terdapat banyak jenis transportasi mulai dari bus antar kota hingga angkutan desa. Untuk bus antar kota mulai beroprasi pada siang hari pukul 11.00 wib, dengan rute perjalanan Tirtomoyo-Jakarta. Untuk mobil penumpang yang ada di desa-desa berupa mobil pickup dan mobil carry. Mobil penumpang tersebut menggunakan plat hitam sehingga menurut dinas perhubungan mobil tersebut tidak resmi beroprasi namun mendapatkan dispensasi, karena adanya mobil penumpang tersebut mempermudah akses bagi masyarakat khusunya bagi para pedagang untuk membawa barang dagangannya dan bagi para siswa-siswi yang ingin pergi ke sekolah.
Untuk mobil penumpang terdapat 3 jurusan yaitu yang menuju arah Timur, Selatan dan Barat, berikut rute perjalananya :
·         Tirtomoyo Timur     : Tirtomoyo-Hargantoro-Girirejo-Genengharjo
·         Tirtomoyo Selatan  : Tirtomoyo-Banyakprodo-Wiroko-Dlepih-Sukoharjo
·         Tirtomoyo Barat     : Tirtomoyo-Ngarjosari-Sendangmulyo-Tanjungsari

Terdapat desa-desa yang tidak dilalui angkutan yaitu desa Sidorejo, Hargorejo, dan Hargosari, ketiga desa tersebut tidak dilalui angkutan penumpang karena akses jalannya yang sulit dan kondisi jalan yang rusak, sehingga untuk menjangkaunya biasanya masyarakat sekitar menggunakan ojek, ojek itu sendiri beroprasi 24 jam setiap harinya. Untuk Mobil penumpang mulai beroprasi mulai pukul 06.00 wib sampai dengan 14.00 wib. Sebagian besar penumpangnya berasal dari sekitar daerah itu sendiri (Kecamatan Tirtomoyo) khususnya desa-desa yang lokasinya berada di sekitar terminal. Untuk tarif angkutan Rp 4.000,00 untuk dewasa dan Rp 1.000,00 untuk siswa/anak-anak.

Selain mobil penumpang yang menuju desa-desa, terdapat juga mobil minibus plat kuning yang rutenya menghubungkan antara Tirtomoyo-Wonogiri. Mobil bus tersebut juga beroprasi pada pagi hingga siang hari, untuk tarif yang digunakan Rp 6.000,00 untuk dewasa dan Rp 3.000,00 untuk siswa/anak-anak. Biasanya bus tersebut ramai digunakan pada pagi hari dan berakhir pada saat anak-anak pulang sekolah.

0 comments:

Post a Comment