Perhatian : Bagi yang ingin melihat peta dapat di klik pada menu di atas "PETA-PETA" Terima Kasih :)

Sunday 10 March 2013

Kecamatan Karang Tengah



     Tata Guna Lahan
Kecamatan Karang Tengah memiliki luas 9301 Ha. Pada penggunaan lahannya sebagian besar lahannya berupa tegalan sebesar 4421,15 Ha, kemudian bangunan/pekarangan sebesar 1542,05 Ha dalam hal ini menunjukkan bahwa pada kecamatan Karang Tengah banyak daerah yang belum terbangun, serta daerahnya yang masih bersifat pedesaan. Berikut prosentase pada penggunaan lahannya.



      Sumber Daya Alamiah dan Lingkungan

Di kecamatan Karang Tengah luas panen padi terbesar terdapat di desa Purwoharjo (343 ha) dan produksi terbanyak terdapat di desa Karangtengah (360,1 ha). Untuk tanaman palawija, luas panen jagung terluas di desa Ngambarsari (1554 kw), ubi kayu di desa Ngambarsari (1122 kw), kacang tanah di desa Jeblogan (1031 kw), kedelai di desa  Temboro (574 kw). Sedangkan untuk ternak  jumlah sapi terbanyak terdapat di desa Jeblogan (1423 ekor), kambing, ayam buras, dan itik terbanyak di desa Karang tengah masing-masing 1826 ekor kambing, 5471 ekor ayam buras dan 200 ekor jumlah itik.

      Infrastruktur dan Fasilitas

Fasilitas pendidikan di Kecamatan Karangtengah terhitung kurang karena tidak terdapat SMA sama sekali. Untuk kekurangan pada fasilitas kesehatan yaitu tidak terdapat rumah bersalin. Sedangkan untuk fasilitas peribadatan sudah terdapat cukup masjid dan surau. Untuk transportasi sudah cukup terpenuhi kecuali pada desa Ngambarsari. Pada fasilitas perdagangan masih terdapat kekurangan yaitu tidak adanya pasar umum. Desa yang memiliki fasilitas yang paling lengkap adalah Jeblogan, Purwoharjo dan Temboro sedangkan yang kelengkapannya paling sedikit yaitu desa Ngambarsari.


          Kegiatan ekonomi
Berdasarkan PDRB Kabupaten Wonogiri pada tahun 2009 dapat diketahui beberapa hal mengenai kondisi perekonomian di kabupaten tersebut. Kecamatan dengan jumlah PDRB tertinggi merupakan Kecamatan Wonogiri. Perolehan total PDRB tersebut didapat setelah mengakumulasi 9 sektor PDRB yang berupa pertanian, pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, listrik, gas, dan air bersih, bangunan, perdagangan, hotel, dan restoran, pengangkutan dan komunikasi, keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan, serta jasa-jasa. Sektor yang berperan besar dalam menyumbang PDRB untuk Kabupaten Wonogiri adalah sektor pertanian. Hal ini menunjukkan bahwa daerah Wonogiri memiliki basis ekonomi pada sektor pertanian. Kecamatan Giritontro merupakan kecamatan dengan jumlah PDRB yang paling sedikit. Total PDRB yang dimiliki kecamatan ini merupakan total terkecil dibandingkan dengan 11 kecatan lainnya yang berada di Kabupaten Wonogiri. Sektor terkecil penyumbang PDRB merupakan sektor gas, listrik, dan air bersih. Total PDRB yang disumbangkan oleh sektor ini memiliki jumlah yang paling kecil. Hal ini menunjukkan sektor ini tidak begitu berkembang di Kabupaten Wonogiri.

SDM, Sosial dan kependudukan

Berdasarkan grafik di atas dapat dilihat bahwa prosentase jumlah penduduk tertinggi menurut mata pencaharian di Kecamatan Karang Tengah dengan 37% bermata pencaharian buruh tani dan petani Sedangkan prosentase jumlah penduduk terendah menurut mata pencaharian di Karang Tengah dengan 0% bermata pencaharian PNS/TNI/Polri dan lain-lainnya.

          Organisasi, Kelembagaan, Lembaga, Pemerintah
1.     ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN PEMERINTAH : P3A, PEMERINTAH DESA KUDI, RW,   RT, LPM, BPD, LPKK, POSYANDU, SD, PKK,KELOMPOK PETANI, KUD, KOPERASI RT.
2.  ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN MASYARAKAT : KELOMPOK ARISAN, KELOMPOK SIMPAN PINJAM BERAS, PERUSAHAAN SWASTA, KELOMPOK YASSINAN.



   Kebijakan Pemerintah
      Seperti halnya kecamatan Batuwarno, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri No. 9 Tahun 2011 tentang RTRW Kabupaten Wonogiri Tahun 2011 – 2031 Kecamatan Karangtengah juga berfungsi sebagai Pusat Pelayanan Kawasan yang selanjutnya disingkat PPK. Hal tersebut menjadikan Karangtengah berfungsi sebagai kawasan permukiman, pelayanan jasa, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi melayani kegiatan skala kecamatan atau beberapa desa yang berpusat di Desa Karangtengah. Selain menetapkan sebagai PKK, pemerintah juga merencanakan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS untuk daerah yang tidak terjangkau jaringan listrik di kecamatan tersebut.








2 comments:

  1. Wow keren sekali pembahasannya..
    Sekalian nanya boleh yaa, itu PDRB per kecamatan di Kabupaten Wonogiri bisa didapat dimana yaa? Apa di BPS Wonogiri lengkap? Trims

    ReplyDelete
  2. Untuk pngembangan tambang dan industri menengah bisa nggak ya..?
    Tolong informasinya...
    trmksih

    ReplyDelete